Maulah membuat dan menikmati minuman segar

Asik asik

Pengertian minuman segar

Di Indonesia begitu banyak jenis buah-buahan dan sayur-sayuran buah dan sayuran tersebut dapat diolah dapat dibuat menjadi minuman segar pengolahan minuman segar sangat banyak ragamnya di nusantara antara lain cendol khas Bandung di Jawa Tengah dikenal dengan es dawet es pisang hijau khas Makassar es doger khas Betawi Es Oyen khas Jogjakarta biasanya dikenal dengan es campur.
Minuman segar adalah minuman yang menghilangkan rasa dahaga menyegarkan terasa nyaman ringan dan menyehatkan minuman segar saat putus di blog simple.

Trik dan cara mengolah minuman dari buah dan sayuran

Teknik pengolahan minuman dari buah dan sayuran antara lain sebagai berikut
Merebus
Merebus adalah melunakkan atau mematangkan bahan makanan dalam cairan yang sedang mendidih 100 derajat Celcius kematangan bahan makanan tidak boleh terlalu narkoba tidak tetap ada.


Mengukus
Mengukus adalah memasak bahan makanan dengan uap air panas bahan makanan diletakkan dalam suatu tempat ke uap air disalurkan di sekeliling bahan makanan yang dikukus.

Menghaluskan
Menghaluskan adalah membuat bahan makanan menjadi halus dengan bantuan alat grinder parutan maupun dengan cara diuleg.

Mencampur
Mencampur adalah menyatukan bahan makanan dengan titik titik menjadi tercampur rata.

Menyaring meremas
Membuat makanan dengan meremas adalah membuat bahan menjadi halus dengan alat penyaringan baik dari saringan kawat atau kain penyaring supaya diperoleh cairan yang jernih atau sari-sari makanan.

Tidak dimasak
Buah-buahan dan sayur-sayuran dapat dikonsumsi dengan dimakan langsung atau dimakan dalam keadaan mentah para penganutnya kan ini mengklaim bahwa hari ini merupakan ciri yang paling sehat karena kandungan vitamin mineral serat dan enzim dalam buah dan sayuran tidak akan hilang.

Penyajian dan pengemasan minuman segar

Penyajian ataupun kemasan merupakan tahap akhir dari proses pembuatan produk olahan pangan penyajian dan pengemasan memiliki peranan penting dalam produksi pengolahan pangan karena akan menjadi daya tarik orang untuk memakannya atau membeli wadah penyajian digunakan ditemukan di tempat penjualan menggunakan wadah kemasan biasanya akan untuk makanan yang dibawa pulang oleh pembeli biasanya minuman tradisional tertentu disajikan atau dikemas dengan menggunakan buah itu sendiri dan minuman air Nira pada Buluh bambu.


Sesuai dengan kemajuan zaman teknologi dan kebutuhan manusia produk kemasan pun berkembang terus menerus saat ini bahan kemasan yang umum digunakan adalah terbuat dari kertas kaca gelas plastik atau bahan polimer seperti polietilena polypropylene contoh kemasan yang dapat terurai secara biologis atau biodegradasi.
Terdapat kriteria yang harus diperhatikan dalam pemilihan wadah penyajian atau kemasan antara lain sebagai berikut
Bahan kemasan wadah penyajian tidak berbau sehingga tidak mempengaruhi atau mengubah rasa dari produk pangan olahan.
Bahan kemasan wadah penyajian memiliki kekuatan sebagai tempat produk olahan.
Bahan kemasan wadah penyajian mudah didapat
Bahan kemasan bedak pemutih yang aman bagi kesehatan dan higienis
Tempat penyajian atau kemasan untuk minuman yang biasa digunakan dengan masyarakat terbuat dari kertas plastik atau sterofom sedangkan wadah penyajian umumnya berbahan keras.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung
Berikan pesan anda di kolom komentar