Teknik dasar akting teater

Teknik dasar akting teater

Teater berasal dari kata theatron Yunani yang artinya tempat pertunjukan ada juga yang mengartikan gedung pertunjukan juga ada yang mengartikan panggung dalam arti luas teater adalah segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak sedangkan arti sempit adalah kisah hidup dan kehidupan manusia yang diekspresikan di atas pentas disaksikan oleh orang banyak media ungkap yang digunakan yaitu percakapan gerak dan laku akting dengan atau tanpa dekor didasarkandidasarkan pada konsep naskah dengan diiringi musik nyanyian dan tarian.
Istilah akting sendiri kasih sudah tidak asing orang sering dikatakan berakting kalau melakukan tingkah laku yang berbeda dari biasanya atau bertingkah laku meniru tingkah laku orang lain akting adalah perwujudan peran sesuai dengan karakter yang diinginkan oleh naskah dan sutradara baik secara fisik maupun psikis peran yang dimainkan oleh aktor sebutan populer bagi pemeran teater harus sesuai tuntutan tokoh bila berlebihan bisa berakibat overacting atau artinya berlebihan juga jangan sampai under acting atau aktingnya kurang.

Dari mana modal asing tersebut modal akting adalah pengalaman Hidup sehari-hari baik pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain yang ditampilkan kembali di depan penonton untuk menampilkan akting yang baik diperlukan latihan yang dapat dan disiplin latihan itu meliputi olah tubuh olah vokal dan olah rasa.

Olah tubuh

Tubuh merupakan elemen dasar dalam teater tubuh menjadi pusat perhatian penonton saat seorang aktor data diatas panggung tubuh merupakan bahasa simbol dan isyarat dalam bermain teater tubuh melalui gesture mencerminkan karakter atau tokoh yang sedang diperankan fleksibilitas gerak tubuh merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh pemain teater latihan olah tubuh diarahkan untuk mendukung kemampuan bermain dalam perwujudan akting yang baik.
Pada latihan olah tubuh hal utama yang harus dilakukan adalah melakukan dalam kondisi kamu le segar dan menyenangkan buat semua latihan seperti permainan yang dilakukan dengan gembira oleh dengan meregangkan seluruh persendian dan otot tubuh mulai dari bagian kepala sampai bagian kaki atau besok di balik dari bagian kaki sampai ke kepala.

Bagian kepala

Contoh latihan pada bagian kepala berdasarkan petunjuk berikut melakukan gerakan kepala kekiri kekanan secara teratur setelah itu putar penuh kemudian berganti arah sebaliknya lakukan secara berulang sampai dirasakan cukup efek yang akan terasa ringan otot kepala.

Bagian tangan

Latihan pada bagian daun ditunjukkan untuk mengolah persendian kekuatan otot dan kelenturan otot tangan. Pengolahan gerak tahun lebih bervariasi karena dapat dilakukan di segala arah dengan dapat dilakukan lurus ke atas ke samping ke depan memutar telapak tangan melentikan jari jari tangan serta gerakan lainnya.

Bagian badan

Bagian badan meliputi bagian perut dada dan punggung pengolahan ketika bagian badan ini memiliki peran penting bagi seorang pemain teater karena merupakan bagian yang memberikan Efek pada Sikap tubuh pada latihan yang dilakukan pada bagian ini dapat dilakukan menggerakan dan melenturkan ke belakang dengan menekuk bagian perut sehingga tubuh melengkung ke belakang.
Latihan teater

Bagian pinggul

Pada bagian pinggul juga penting untuk diolah agar Gerakan tubuh lebih lentur dan fleksibel. Pada bagian pinggul Gerakan tubuh dapat dilakukan ke samping ke depan depan membungkuk rasakan bagian-bagian tersebut menjadi berat dan atau ringan atau menjadi dua bagian dan bergerak bebas.

Olah kaki

Kaki memiliki peran penting kekuatan kaki perlu dilatih semua kita dapat tegak dan berdiri di atas panggung berdiri di atas satu kaki merupakan salah satu latihan keseimbangan latihan untuk obati poster dengan tumpuan pada lelaki seperti pohon yang kokoh menjulang tinggi batu karang yang menahan ombak dan berbagai pose dengan personifikasi alam.

Olah suara

Seorang pemain teater harus memiliki kemampuan menguasai suara yang baik suara merupakan faktor penting karena sebagai penyampai pesan kepada penonton penguasaan intonasi diksi artikulasi setiap kata yang diucapkan harus jelas dan wajar sesuai dengan tuntutan karakter tokoh yang diperankan.
Seorang aktor perlu latihan olah suara dengan tahapan-tahapan kerja untuk latihan olah suara dapat dilakukan dengan mengucapkan kata vokal Seperti aiueo sesuai dengan bentuk mulut dalam latihan olah suara terutama berhubungan dengan membaca naskah atau puisi perlu diperhatikan jika tekanan kata jiwa kalimat tempo dan Irama.

Tekanan kata

Tekanan pada kata tertentu yang perlu ditonjolkan dalam satu kalimat untuk suatu kepentingan contoh berikut ini yang digaris bawahi adalah kata yang perlu di mendapatkan penekanan penekanan kata dari kalimat menonjolkan isi perasaan dan pikiran dari kalimat itu
10 tahun yang lalu dia terbaring
10 tahun yang lalu dia terbaring
10 tahun yang lalu dia terbaring
10 tahun yang lalu dia terbaring
10 tahun yang lalu dia terbaring

Jiwa kalimat merupakan usaha atau teknik menghidupkan kalimat dengan bantuan emosi suara

Latihan kata apa dengan perasaan yang berbeda-beda
Apa? (Sedih)
Apa?(gembira)
Apa?(marah)
Apa?(benci)
Apa?(malas)
Apa?(gairah)
Apa?(mengharap)
Dll

Tempo dan Irama

Tempo dan irama pengolahan suara dan memperhatikan dinamika artinya suara yang dihasilkan tidak monoton tetapi bervariasi. Latihan ma Ucapkan kata dan kalimat dengan berbagai Irama yang berbeda cepat lambat tegas dan mendayu-dayu serta sebagai nya.

Olah rasa

Akting pada dasarnya menampilkan keindahan dan keterampilan seorang aktor dalam mewujudkan pikiran emosi perasaan dan sosok peran yang sedang dimainkan sesuai dengan karakter faktor harus memiliki kemampuan untuk menjadi seseorang yang bukan dirinya sendiri.

Latihan konsentrasi

Latihan konsentrasi adalah latihan memusatkan kita pada suatu objek sesuai dengan tujuan misalnya pikiran fokus pada hafalan naskah lawan main dan pada pemain di atas panggung pikirannya tidak terbagi dengan berbagai hal yang lain.
Lakukan latihan permainan konsentrasi 2 orang berhadapan satu orang ditugaskan untuk Diam Tanpa emosi sementara kawanmu berusaha menggoda sekuat tenaga bahkan sampai selamanya tertawa Bukan sebaliknya atau lakukan permainan konsentrasi memandang benda tertentu tanpa boleh bicara sementara teman lain dibandingkan mengganggu dengan bunyi-bunyian atau mengajak bicara dan mengajak pergi ke kalau masih tergolong masih belum konsentrasi coba lagi dengan permainan yang lain.

Latihan imajinasi

Latihan ini adalah mengolah daya khayal mu seolah-olah terjadi saat ini dan kamu rasakan bisa dilakukan sendiri atau berimajinasi bersama melakukan permainan imajinasi misalnya kamu berimajinasi pergi berpetualang ke hutan belantara mendaki Puncak yang tinggi menuruni jurang yang curam dan bertemu dengan berbagai binatang baik jinak maupun yang puas juga menemukan berbagai situasi seperti air terjun yang menyenangkan pohon yang tumbang kehujanan ataupun merasakan gunung yang akan meletus.
Latihan ini bisa ditentukan suasana suasana yang berbeda setiap latihannya sehingga imajinasi kamu menjadi beragam dengan berbagai situasi seperti di kota-kota laut sawah.

Latihan ingatan emosi

Latihan ini adalah tian mengingat-ingat dari berbagai museum pernah kamu alami atau pun pernah melihat orang lain dengan emosinya seperti melihat orang sedih gembira marah kecewa ragu-ragu putus asa kegelian lucu ketawa terbahak-bahak dan berbagai demokrasi lainnya kemudian emosi emosi itu ditempelkan satu-persatu saat latihan sehingga akan tampak dalam ekspresi wajah dan tubuh. Ingat-ingat atau Tampilkan lah salah satu emosi tersebut dan temanmu akan melihat ekspresi muka dengan menarik dari segi bentuk bentuk atau buat sendiri permainan-permainan tentang konsentrasi imajinasi dan ingatan emosi sehingga teater mau menjadi lebih kreatif juga lebih menyenangkan Kaka..

3 komentar:

  1. Pada bagian pinggul juga penting untuk diolah agar Gerakan tubuh lebih lentur dan fleksibel.

    https://www.bolavita.ltd/permainan/bola-tangkas/

    BalasHapus
  2. Dapatkan Pasaran Lengkap Disini Pasar Taruhan
    Gabung Dengan Partner Bola Terbaik Agen Sbobet

    Hubungi kami Sekarang Juga :
    WA: +6287785425244
    BBM: WINNING303
    LINE: WINNING303

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung
Berikan pesan anda di kolom komentar