Mengolah Kulit Jeruk Menjadi Manisan kaya Manfaat


Masih suka membuang kulit jeruk yang disisakan anda? No worry bro, banyak manfaat yang bisa didapatkan loh. Jangan asal dibuang, tapi kita ga mau membahas masalah manfaat dari kulit jeruk tapi mengelupas tips membuat manisan dari kulit jeruk.
Tahapan suatu pengolahan tak luput harus selalu diperhatikan, karena ini sangat berpengaruh pada kualitas pangan yang dihasilkan.
Sebelumnya persiapkan dulu buah jeruk yang baik kulitnya, tidak ada bercak, mencuci peralatan yang dibutuhkan dan mempersiapkan bahan : bahan pangan hasil samping buah dibersihkan dan dicuci, gula ditimbang sesuai kebutuhan. Siapkan 500 ml air, 100 gr gula dan dua buah jeruk yang dikuliti.
Alat yang digunakan yaitu panci, saringan, talenan, pisau, sendok, kertas tisu tebal atau kertas roti, sealed plastic, dan kemasan dari kertas.
Setelah bahan dan alat dipersiapkan lalu mulai mencuci buah, potong bagian atas dan bawah kulit jeruk, kemudian buatlah keratin menggunakan pisau pada kulit jeruk. Kupas kulit jeruk satu persatu sesuai keratin. Buang bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih seperti spons setebal mungkin. Potong kulit jeruk ½ cm secara membujur berbentuk lidi.
Rebus 300 ml air hingga mendidih, masukkan potongan lidi kulit jeruk dalam air mendidih tersebut. Rebus kulit jeruk hingga berubah warna dan airnya tinggal separo.
Tiriskan dan buang airnya. Siapkan panic berisi 200 ml air dan masukkan 60 gr gula. Kemudian didihkan air sambil diaduk hingga gula larut, setelah mendidih masukkan kembali rebusan kulit jeruk yang telah ditiriskan pada panic. Rebus hingga air tiris separuh, jangan sampai air habis karena gula akan mengkristal. Tiriskan kulit jeruk dengan menggunakan saringan diamkan beberapa saat hingga air tiris. Siapkan piring dan taruh tisu diatasnya, kemudian letakkan kulit jeruk tersebut dan diamkan selama semalam hingga kulit jeruk kering keriput.
Setelah satumalam lalu siapkan mangkuk yang diisi dengan 40 gr gula, lalu tuangkan kulit jeruk tersebut dalam mangkuk dan campurkanlah keduanya maka kulit jeruk tersebut akan tampak manis dengan gula pasir yang berkilauan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung
Berikan pesan anda di kolom komentar