Gerak tari tradisional Indonesia

Pengertian gerak tari

Persepsi seseorang tentang gerak tari pasti berbeda-beda setiap tari memiliki ragam gerak berbeda tetapi memiliki kesamaan yaitu gerak pembentuk ruang membutuhkan waktu dan tenaga dalam melakukan gerak tersebut.
Indonesia memiliki keragaman gerak tari yang berbeda antara suku satu dengan suku yang lainnya. Keragaman ini merupakan kekayaan budaya sebagai hasil Cipta Karsa manusia ada ragam gerak lengkung yang memberikan makna kedinamisan dan berkelanjutan gerak dilakukan secara rampak oleh penari dengan menghadap pada properties untuk api yang menyala tapi menyimbolkan semangat pantang menyerah dan terus berkobar.
Gerakan dasar tarian

Ada pula ragam gerak tari dengan tongkat memberi kesan pada tenaga yang digunakan lebih sedikit karena gerak yang dilakukan merupakan simbolik dari gerak orang tua rentah gerak tari dengan kesan tenaga buat dan kesan ruang yang lurus substansi atau elemen dasar tari adalah gerak gerak pada Tari akan berbeda dengan gerak yang dilakukan sehari-hari gerak pada Tari dilakukan secara ritmis dan memiliki makna sedangkan gerak sehari-hari lebih menekankan pada gerak yang fungsional.
Soedarsono salah satu pakar Tari di di Indonesia menyatakan bahwa tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diwujudkan melalui gerak gerak yang ritmis dan indah definisi ini memiliki arti bahwa dari terdiri dari gerak ritmis merupakan ungkapan ekspresi dan memiliki keindahan gerak.

Elemen dasar tari

Elemen dasar dari tarian adalah gerak. Di dalam gerak mencakup ruang waktu dan tenaga.

Ruang

Apabila kita melakukan gerak di tempat tanpa berdiri berlatih melakukan gerak di ruang pribadi sedangkan Jika kamu bergerak berpindah tempat makan menggunakan gerak di ruang umum gerak di dalam ruang dapat dilakukan sendiri berpasangan atau berkelompok.

Waktu

Setiap gerak yang dilakukan membutuhkan waktu bayi gerak estetis maupun gerak fungsional gerak fungsional seperti berjalan menuju sekolah tentu membutuhkan waktu jika jarak yang ditempuh dekat maka waktu yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan dengan jarak tempuh yang jauh jika jarak yang jauh ingin sama cepatnya dengan jarak yang dekat di dekat di tempat maka gerak yang dilakukan haruslah memiliki kecepatan dua atau tiga kali lipat dari jarak yang dekat. Perbedaan cepat atau lambat gerak berhubungan dengan tempo Jadi tempo merupakan cepat atau lambat gerak yang dilakukan. Gerak tari juga memiliki tempo fungsi tempo pada gerak tari untuk memberikan kesan dinamis sehingga tarian enak untuk dinikmati.

Tenaga

Setiap kita Membangun karakter memerlukan tenaga penggunaan tenaga dalam gerak tari meliputi
  • Intensitas yang berkaitan dengan kuantitas tenaga dalam tarian yang menghasilkan tingkat ketegangan gerak
  • Aksen atau tekanan muncul ketika gerakan dilakukan secara tiba-tiba dan kontras
  • Kualitas berkaitan dengan cara penggunaan atau penyaluran tenaga

Jika gerak yang dilakukan memiliki intensitas tinggi tentu saja memerlukan tenaga yang kuat dan sebaliknya gerak dengan intensitas rendah memerlukan tenaga yang lemah sedikit.
Perhatikan seseorang penari berdiri di atas panggung punggung kedua temannya tenaga yang digunakan oleh penari untuk menahan temannya itu lebih besar dibanding dengan yang berdiri di atas punggung kekuatan tenaga menahan temannya bertumpu pada kedua kakinya. Tenaga yang dikeluarkan oleh penari yang menyangga temannya akan semakin kuat jika berjalan berpindah dari satu tempat ke tempat lain.
Tari kucluk

Bandingkan dengan menunjukkan kaki tertahan di bawah lantai dengan sedikit jinjit tenaga yang dikeluarkan tidak sebesar dan sekuat Ketika seseorang berada di atas punggung.
Gerak tari yang bersumber dari tari tradisi Papua kekuatan tenaga banyak pada waktu ideologi yang cepat dan ritmis merupakan salah satu ciri dari tarian Papua gerakan yang bertumpu pada kaki tarian Papua dipengaruhi oleh kondisi geografis orang yang berbentuk pegunungan memerlukan kaki yang kuat untuk dapat menjadi dan menuruni Bukit kehidupan sosial budaya seperti inilah yang berpengaruh juga terhadap karya seni tari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung
Berikan pesan anda di kolom komentar