Arus listrik bisa jadi produk rekayasa penghasil bunyi

Seperti yang kita ketahui bahwa rangkaian elektronika merupakan suatu rangkaian yang dibentuk dari berbagai macam komponen elektronika yang dirangkai sedemikian rupa sehingga membentuk suatu sistem rangkaian elektronik sayang terpadu dalam berbagai bidang elektronik komponen elektronika dapat dibagi kedalam dua kelompok yaitu komponen pasif dan komponen aktif.
Alternatif energi listrik

Kehidupan manusia pada zaman sekarang tidak akan pernah lepas dari kebutuhan listrik kita tahu sifat-sifat listrik dapat ditemukan manusia berkat kecerdasan akal dan pikiran sepanjang manusia hidup di dunia manusia telah mengalami perubahan dari peralatan manusia manual menjadi peralatan yang serba otomatis kamu sebagai generasi Bangsa sudah sepantasnya berupaya memanfaatkan dan mengembangkan teknologi listrik yang nantinya akan bermanfaat.

Sumber listrik searah DC

Sumber arus listrik searah dapat berupa benda atau alat yang menjadi sumber listrik arus searah dan menghasilkan arus DC secara permanen sumber listrik arus searah yang paling palingpaling banyak dikenal adalahadalah sumber sumber listrik DC yang membangkitkan listrik secara kimia.

Elemen elektrokimia

Menurut Einstein batang logam yang dimasukkan dalam larutan asam sulfat akan melepaskan ion ion positif ke dalam larutan yaitu oleh karena itu logam tersebut menjadi bermuatan negatif sedangkan larutan tersebut menjadi muatan positif beda potensial tersebut dinamakan dengan larutan elektrolit.
Tidak semua logam mempunyai kemampuan melepaskan ion ion elektron sama besar berdasarkan daftar elemen yang pernah dibuat oleh volta kita dapat tahu bahwa seng Zn lebih kuat melepaskan ion ion elektron dari logam c u tembaga daftar volta logam yang buat melepaskan ion ion elektron di sebelah kiri makin ke kanan adalah logam yang makin lemah melepaskan ion ion elektronnya
L Na Ca Mg Ae Za Fe Ni Sn Pb H Cu Ag Pt Au G
Untuk mendapatkan beda potensial yang baik dari bahan yang murah dan dapat dengan mudah diperoleh dibuatlah sebuah elemen volta sebagai berikut
Elemen Volta

Yang terjadi ialah adanya beda potensial batang tembaga menjadi kutub positif dan batang seng menjadi kutub negatif. Beda potensial antara kutub positif dan kutub negatif disebut gaya gerak listrik. Kemudian kedua kutub tersebut dihubungkan dengan sebuah bola lampu atau alat ukur sehingga terlihat adanya beda potensial pada kedua kutub tersebut. Pada ujung-ujung kawat penghubung terdapat beda potensial yang disebut tegangan jepit lampu yang dihubungkan dengan penghubung elemen basah volta. Berpijar Lampu ini tidak berpijar lama dan segera meredup kemudian padam hal ini terjadi sebab plat tembaga tertutup oleh lapisan gelombang gas hidrogen. Jika plat-plat dikeluarkan dan gelombang dihilangkan dengan dicuci kemudian pelat-pelat itu dicelupkan kembali ke dalam larutan maka lampu akan berpijar lagi Tetapi hanya bertahan dalam waktu singkat.

Elemen Volta termasuk elemen primer

Pada elemen primer reaksi kimia yang menyebabkan elektron mengalir dari elektroda positif ke elektroda negatif tidak dapat dibalik arahnya ini menyebabkan elemen primer tidak dapat dimuat lagi jadi elemen primer ialah elemen yang bila telah habis muatannya tidak dapat diisi lagi tetapi untuk mengatasi kelemahan elemen primer ini dibuat jenis elemen yang dapat dimuat lagi jenis tanaman ini dinamakan halaman sekunder elemen sekunder sehari-hari kita kenal dengan sebutan akumulator.

Akumulator

Akumulator disebut unsur sel sekunder karena sesudah energi habis Masih bisa diisi dan digunakan kembali ketika diisi Terjadi reaksi kimia yang pertama sesudah akumulator penuh dapat memberi arus pada rangkaian luar maka Terjadi reaksi kimia kedua jadi pesawat ini bekerja mengumpulkan dan mengeluarkan arus listrik.

Akumulator timbal

Jenis akumulator yang umum digunakan adalah aku mulator timbal aku terdiri dari dua buah kumpulan pelat timbal yang dicelupkan ke dalam larutan asam sulfat H2 so4.
Accu Timbel

Untuk mendapatkan jumlah arus yang lebih besar tetapi dalam kemasan yang kecil maka lapisan tinggal tersebut dipasang sedemikian rupa dalam jarak yang berdekatan untuk menjaga agar pelat-pelat tersebut tidak saling bersentuhan maka diantara timbal tersebut dipasang penyakit dari bahan isolator untuk mendapatkan tegangan GGL yang besar pelat timbal tersebut dihubungkan secara seri.

Akumulator alkali

Sel ini disebut alkali karena menggunakan Line di kali kali lo sebagai larutan elektrolitnya
Keunggulannya

  • Tahan terhadap guncangan dan getaran
  • Tahan terhadap arus pengisian dan pembuangan berlebih
  • Tahan terhadap arus hubungan singkat

Kekurangannya

  • Harganya mahal
  • Dia pesawat hanya memiliki satu sel
  • Memerlukan tempat yang luas
  • Tegangannya rendah dibanding dengan akumulator timbal

Elemen kering

Elemen kering atau elemen leclanche disebut secara umum sebagai batu baterai elemen kering termasuk elemen primer tetapi sebagai elemen kering masih mempunyai banyak keunggulan seperti bentuk fisik yang kecil mudah dibawa aman dan praktis .
Elemen kering Batu baterai

pada elemen ini elektroda positif adalah batang karbon yang di tengah dan pembungkusan nya yang terbuat dari seng merupakan elektroda negatif elektrolitnya adalah larutan amonia klorida nh4cl dan depolarisasi yang menahan terbentuknya hidrogen pada elektroda positif terbuat mangan dioksida mno2 bercampur serbuk karbon.

Komponen pasif

Berdasarkan cara dan sistem kerjanya komponen elek Tronika dibagi ke dalam dua macam yaitu komponen pasif dan komponen aktif komponen pasif itu sendiri merupakan komponen yang bekerja tanpa harus diberi arus atau tegangan listrik sedangkan komponen aktif diartikan sebagai komponen yang bisa beroperasi jika dan hanya jika bila diberi arus atau tegangan listrik.
Komponen pasif adalah komponen komponen elektronika yang tidak menghasilkan energi listrik atau mengubah bentuk gelombang pada energi listrik seperti perubahan fasa pembalikan fase penguatan dan lain-lain.
Resistor

Komponen elektronika yang termasuk dalam komponen pasif antara lain

  • Resistor tahanan hambatan
  • Kapasitor kondensator
  • Induktor
  • Saklar switch
  • Relay dll

Resistor

Resistor biasa juga kita sebut sebagai hambatan tahanan pelawan yang digunakan hampir pada setiap rangkaian sebuah elektronika. Fungsi resistor sendiri itu sebagai penghambat Dalam suatu rangkaian elektronika namun bisa saja berbeda misalnya memperkecil arus listrik atau sebagai pembagi tegangan dan lain-lain.
Resistor dapat terbentuk dari berbagai bahan antara lain dari batu resistor batu karbon resistor karbon keramik resistor keramik dan lainnya.
Resistor Biasa disingkat dengan notasi perlambangan huruf r satuan yang dipakai untuk menentukan besar kecilnya Nilai suatu resistor adalah ohm yang disingkat dengan huruf Yunani Omega. Nama Ohm itu sendiri diberikan atas penghargaan terhadap orang yang menemukan yaitu seorang berkebangsaan Jerman yang bernama George Simon Ohm.
Kerusakan resistor dapat berupa

  • Berubah harganya karena panas umur dan sebagainya
  • Putus berarti nilai tahanannya menjadi sangat besar atau bahkan tak terhingga
  • Bocor atau terhubung singkat berarti harga tahannia menjadi sangat kecil atau bahkan 0.

Kapasitor

Kapasitor atau kondensator termasuk ke dalam salah satu komponen pasif yang banyak dipakai dalam rangkaian elektronika suatu kondensator dapat terdiri dari dua lempengan penghantar yang saling terikat oleh bahan sejenis isolasi bahan isolasi itu sendiri di antara kedua lempengan penghantar tersebut disebut dielektrikum atau dielektrika.
Kapasitor

Terdapat beberapa jenis kondensator menurut bahan dielektriknya bila di elektronnya dari bahan keramik maka disebut kondensator keramik begitu pula bila di elektronnya dari bahan kertas maka disebut kondensator kertas dan seterusnya.
Kondensator mempunyai sifat Yaitu dapat menyimpan muatan muatan listrik kemampuan menyimpan beberapa banyak muatan listrik ini bisa kita sebut sebagai kapasitas kondensator atau kapasitansi satuan kapasitansi adalah farad kondensator Biasa disingkat dengan pelambangan huruf notasi C.
Sama halnya dengan sebuah resistor pada kondensator juga terdapat jenis kondensator yang dapat diubah ubah nilai kapasitansinya kondensator semacam ini disebut kondensator variabel atau variabel kondensator Varco. Kondensator jenis ini biasanya digunakan pada pesawat penerima radio untuk mengubah mengubah frekuensi penerima radio guna mencari frekuensi pemancar radio.
Faktor-faktor yang menentukan nilai kapasitansi sebuah kondensator diantaranya

  • Luas lempengan keping penghantar
  • Tebal dielektrika atau jarak antara lempengan penghantar
  • Jenis dialektika yang dipakai

Induktor

Induktor

Induktorbiasa kita sebut sebagai kumparan atau Koil induktor merupakan komponen elektronika yang mampu menyimpan energi listrik dalam bentuk medan magnet.

Saklar

Saklar merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk memutuskan jaringan listrik atau untuk menghubungkannya. Jadi saklar pada dasarnya merupakan alat penyambung atau pemutus aliran listrik selain untuk jaringan listrik arus kuat saklar berbentuk kecil juga dipakai untuk alat komponen elektronika arus lemah.
Saklar Murah

Secara sederhana saklar terdiri dari dua bilah logam yang menempel pada suatu rangkaian dan bisa terhubung atau terpisah sesuai dengan keadaan On atau Off dalam rangkaian itu. Material kontak sambungan umumnya dipilih agar supaya tahan terhadap korosi kalau logam yang dipakai terbuat dari bahan oksida biasa Makassar Tarakan sering tidak bekerja untuk mengurangi efek polusi ini paling tidak logam kontaknya harus disepuh dengan logam anti korupsi dan anti karat pada dasarnya saklar tombol bisa diaplikasikan untuk sensor mekanik karena alat ini bisa dipakai pada mikrokontroler untuk pengaturan rangkaian pengontrolan.

Relay

Relay adalah saklar mekanik yang dikendalikan atau dikontrol secara elektronik elektromagnetik saklar pada relai akan terjadi perubahan posisi off ke on pada saat diberikan energi elektromagnet pada armature alay tersebut relay padapada dasarnya terdiri dari dua bagian utama yaitu saklar mekanik dan sistem pembangkit elektromagnetik induktor inti besi.
Relay

Saklar atau contactor relay dikendalikan menggunakan tegangan listrik yang diberikan ke induktor pembangkit magnet untuk menarik armatur tuas saklar atau contactor relay. Relay yang ada di pasaran terdapat berbagai bentuk dan ukuran dengan rekan kerja dan jumlah saklar yang bervariasi berikut adalah salah satu bentuk lain lain yang ada di pasaran.

Komponen aktif

Komponen aktif dalam sebuah bidang elektronika adalah komponen-komponen Elektronika yang menghasilkan energi listrik atau dapat juga berupa komponen elektronika yang mengatur arus aliran listrik seperti perubahan bentuk gelombang pembalikan fasa penguatan pengolahan data dan lain-lain.
Komponen elektronika termasuk komponen aktif yaitu diantaranya

Baterai

Coba kalian bisa mengamati sebuah mainan ataupun jam dinding yang ada di rumah kalian apa menggunakan baterai? Kehidupan manusia sehari-hari kini tidak terlepas dari yang namanya baterainya hampir semua peralatan elektronik menggunakan baterai sebagai sumber energinya sebut saja Misalnya telepon seluler radio mainan lampu senter komputer laptop dan lain sebagainya.
Komponen baterai

Baterai terdiri dari tiga bagian komponen penting di dalamnya yaitu

  • Batang karbon sebagai anoda kutub positif baterai
  • Seng Zn sebagai katoda kutub negatif baterai
  • Sedangkan pasta sebagai elektrolit penghantar

Baterai yang beredar di pasaran saat ini sangat beragam jenis dan terus berkembang baik bentuk maupun fungsinya. Dalam hubungannya dalam produk elektronik baterai yang paling banyak digunakan adalah jenis baterai rumah tangga. Baterai ini terutama banyak digunakan untuk menggerakkan peralatan kecil seperti lampu senter, radio, komputer laptop, mainan, ponsel dan portabel lain.

Dioda

Siapa yang sudah mengenal dioda, komponen artis jenis ini adalah komponen aktif yang memiliki dua kutub yang bersifat semikonduktor .
Dioda

dioda bisa juga dialiri arus listrik ke satu arah atau menghambat arus dari arah sebaliknya dioda sebenarnya tidak memiliki karakter yang sempurna melainkan karakter yang terhubung dengan arus dan tegangan kompleks yang tidak linear dan seringkali tergantung pada teknologi yang digunakan serta parameter penggunaannya.

Transistor

Transistor


Transistor ini merupakan salah satu komponen aktif Elektronika yang terbuat dari bahan semikonduktor dan mempunyai 3 elektroda periodik yaitu dasar basis pengumpul kolektor dan pemancar emitor dengan ketiga elektroda terminal tersebut tegangan atau arus yang dipasang di satu terminalnya mengatur arus yang lebih besar yang melalui dua Terminal lainnya.

Integrated circuit

Integrated circuit

Integrated circuit IC adalah suatu komponen elektronika yang dibuat dari bahan semikonduktor dimana IC merupakan gabungan dari beberapa komponen seperti resistor kapasitor dioda dan transistor yang telah terintegrasi menjadi sebuah rangkaian berbentuk chip kecil dan mempunyai kaki banyak IC digunakan untuk beberapa keperluan pembentuk pembuatan peralatan elektronika agar mudah dirangkai menjadi peralatan yang berukuran relatif kecil dan efisien.

Sumber arus listrik DC

Arus listrik DC kebanyakan dihasilkan dari generator DC aki baterai elemen kering dan elemen basah biasa sel solar cell dan adaptor sesuai dengan namanya sumber arus listrik searah mengalir dari satu arah dalam sebuah kawat penghantar yaitu dari kutub positif ke kutub negatif.

Generator DC

Prinsip kerja sebuah generator DC Sama halnya dengan prinsip kerja generator AC apabila generator DC menghasilkan arus searah generator AC menghasilkan arus bolak balik.

Baterai elemen kering

Baterai digunakan dalam sebuah pesawat atau alat yang memerlukan daya listrik kecil seperti radio kalkulator jam dinding dan sebagainya.
Pada umumnya baterai dijual di pasaran dengan ukuran besar sedang dan kecil yang mempunyai tegangan satu setengah volt dan kuat arus 0,25 ampere untuk keperluan tertentu baterai dibuat khusus dengan besarnya tegangan disesuaikan dengan pesawat atau alatnya misalnya 3 volt 6 Volt dan 9 volt.
Prinsip kerja sebuah baterai arus dan tegangan yang dihasilkan dari bahan salmiak sedangkan bahan penyerap nya digunakan batu Kawi yang ditempatkan di sekeliling batu arang agar dapat menyerap zat cair yang timbul pada kutub positif akibat adanya sebuah proses kimiawi batang arang grafit merupakan kutub positif yang ditutup oleh meninggal bagian ini adalah bagian yang menonjol dari cut baterai kutub negatif ada di bagian bawah baterai yang terbuat dari seng sekaligus membentuk wujud baterai tersebut tabung baterai yang biasanya ditutup oleh aspal agar elektrolitnya tidak bocor.

Aki atau elemen basah

Sumber arus listrik berupa elemen basah ini biasa disebut akumulator dalam kehidupan sehari-hari kita dapat jumpai serta melihat pada mobil dan sepeda motor yang membutuhkan daya listrik cukup besar 6 arus dan tegangan relatif kecil sumber arusnya searah Sebagai contoh pada akhirnya tegangan 6 Volt dan arusnya 10 ampere per jam atau tegangan 24 volt dengan arus 100 ampere per jam.
Dalam kotak aki yang terbuat dari ebonit terdapat plat positif dan plat negatif yang biasanya disebut sel tiap sel menghasilkan tegangan listrik arus searah sebesar 2 volt cairan yang terdapat dalam kota kaki adalah H2 so4 atau asam sulfat atau cairan belerang cairan ini sangat berbahaya apabila terkena baju atau celana bisa rusak.

Bias Cell

Sumber listrik Ini menghasilkan arus searah dengan arus dan tegangan sangat kecil sumber listrik Bias cell biasa digunakan pada pesawat atau alat kalkulator yang tipis jam tangan dan lain lain pemakaiannya cukup awet karena digunakan pada pesawat atau alat yang berdaya kecil bentuknya pipih seperti koin bahkan lebih tebal.

Solar cell

Solar sel disebut juga sebagai sel surya terbuat dari bahan semikonduktor seperti silikon di PPT yang dilapisi dengan bahan silikon tipe dan kemudian dilapisi dengan Lapisan kaca yang sangat tipis akibat dari cahaya atau sinar yang menembus permukaan lapisan-lapisan bahan tersebut menyebabkan elektron terlepas bebas secara langsung sehingga terjadi beda potensial antara kedua bahan tersebut.
Besarnya tegangan tergantung dari tegangan kedua bahan tersebut bukan ditentukan oleh kuat cahaya yang mengenai solar cell besar arus yang keluar dari solar cell juga ditentukan oleh garis tengah sel.
Pengisian dan pengeluaran arus pada solar sel dilakukan hanya pada siang hari sumber listrik ini biasanya digunakan untuk kalkulator yang tipis yang menggunakan solar cell sebagai sumber tenaganya. Pada zaman modern seperti sekarang sel surya sudah banyak digunakan sebagai alat penghantar air solar hard dan Biasanya kita lihat di atap rumah atau gedung solar sel bisa menyimpan arus sehingga bisa digunakan pada waktu malam hari.

Adaptor

Adaptor mengandung arti alat mengadaptasi penyesuai karena adanya di teknik elektronika maka diartikan sebagai alat untuk menyesuaikan tegangan adaptor juga kita kenal dengan catu daya dan power supply prinsip kerja sebuah adaptor adalah rangkaian elektronikaelektronika yang dapat mengubah tegangan atau arus AC menjadi tegangan DC adaptor berfungsi sebagai pengganti batu baterai atau aki rangkaian yang sangat sederhana dan murah serta efektif dapat dipakai dalam jangka waktu yang relatif lama adaptor bisa dibuat secara permanen namun bisa juga dibuat variabel tegangannya sesuai dengan keperluan arus yang mengalir pada rangkaian adaptor tergantung pada komponen trafo yang digunakan mulai dari 0,5 ampere sampai dengan puluhan ribu ampere.

Contoh produk penghasil sumber arus DC

Berikut ini beberapa aneka alat komunikasi sederhana dengan menggunakan sumber arus listrik searah dimana kita sering temui dan dapat dengan mudah kita praktekkan sendiri cara membuatnya di rumah sekaligus untuk melengkapi pemahaman kita tentang dasar-dasardasar-dasar elektronika.

Senter

Senter pembesar
Senter merupakan sebuah alat yang sering kita gunakan sebagai alat penerangan namun senter juga dapat kita gunakan sebagai alat komunikasi tentu masih ingat Bagaimana cara berkomunikasi menggunakan morse dengan senter kan?

Bel listrik

Bel listrik biasa kita biasa temuitemui di sekolah di rumahdi rumah kita kenal dengan bel pintu. Bel listrik merupakan alat yang mampu menghasilkan suara dari adanya perubahan energi listrik menjadi energi magnet yang nantinya Menimbulkan energi gerak yang berfungsi sebagai penghasil suara.
Kerja bel listrik

Sirine

Sirine adalah alat yang mengeluarkan bunyi suara ribut fungsinya untuk memberikan peringatan pada masyarakat akan suatu bahaya misalnya bencana alam dan biasanya digunakan untuk kendaraan layanan darurat seperti ambulans polisi dan pemadam kebakaran.

Intercom

Merupakan kepanjangan dari communication device atau peralatan komunikasi internal Telkom merupakan sebuah sistem komunikasi elektronik yang ditujukan untuk pembicaraan pengumuman dan proses komunikasi secara terbatas intercom sering disebut juga interphone atau Inter telepon intercom tersambung melalui kabel yang disebut kabel beograd kabel ini berfungsi sebagai penyalur suara dari pesawat interkom yang satu ke pesawat intercom yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung
Berikan pesan anda di kolom komentar