mengenal jenis-jenis Tanaman sayuran

Tanaman sayuran merupakan tanaman hortikultura yang dibudidayakan secara intensif. Budidaya merupakan usaha untuk menambah menumbuhkan dan mewujudkan benda ataupun makhluk hidup agar lebih besar dan tumbuh serta berkembang biak atau bertambah banyak. Hal ini dilakukan untuk memenuhi permintaan akan sayuran yang dari waktu ke waktu semakin meningkat. Peningkatan permintaan sejalan dengan meningkatnya kebutuhan karena jumlah penduduk dan kesadaran akan manfaat mengonsumsi sayur-sayuran merupakan bahan pangan asal tumbuhan yang mempunyai kadar air tinggi serta serat banyak mengandung vitamin vitamin mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Setiap daerah mempunyai komoditas tanaman sayuran unggulan yang berbeda. Perbedaan ini terjadi karena kondisi alam tiap daerah berada pada daerah dataran tinggi tanaman sayuran yang dapat dibudidayakan contohnya kentang wortel dan brokoli bagi daerah dataran rendah tanaman sayuran yang dapat dibudidayakan contohnya bawang merah mentimun dan chaipsin.

Beberapa contoh tanaman sayuran

Tomat

Tanaman tomat lycopersicon esculentum merupakan tanaman perdu Semusim berbatang lemah dan basa daunnya berbentuk segitiga uang yang hijau waktu muda dan kuning atau MI waktu tua perbanyakan tanaman ini umumnya dengan biji dan biasa dibudidayakan pada lahan kering umur panen tanaman tomat kurang lebih 55 sampai 61 hari setelah masa tanam tomat termasuk sayuran buah yang digemari itu mempunyai berbagai manfaat antara lain sebagai bumbu, lalap, makanan yang diawetkan saus tomat buah segar untuk minuman jus. Buah tomat banyak mengandung vitamin A dan C.

Bawang merah

Bawang merah Allium cepa banyak dimanfaatkan untuk bumbu Lihatlah ke dapur kamu bisa menemukan bawang merah di tempat bumbu sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur bawang merah dimanfaatkan juga sebagai rempah dan kandungan minyak atsiri dapat menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan bawang merah dapat tumbuh pada tanah sawah atau tegalan panen bawang merah dilakukan saat udara cerah dengan umur tanam 65 sampai 90 hari Masa tanam.

Kangkung

Tanaman kangkung ipomoea reptans termasuk sayuran daun populer hampir setiap menjual sayuran untuk kangkung tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah terdapat dua jenis Lampung yang biasa dibudidayakan yaitu kangkung darat dan kangkung air kangkung air memiliki daun dan batangnya lebih besar dibandingkan dengan kangkung darat kangkung dapat dipanen pada hari ke 27 setelah masa tanam pemanenan dapat dicabut langsung atau dipotong dengan menyiapkan buku batang setelah dipotong ngamuk dapat tumbuh kembali dan dibuang lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung
Berikan pesan anda di kolom komentar