Mengenal jenis-jenis penjernihan air dari bahan alami

Dari beberapa cara pengolahan air sebagai air minum dari yang paling sederhana adalah dengan menggunakan pengolahan secara fisika pengolahan fisika yang memenuhi standar fisik air sebagai bahan baku air minum yang meliputi kau merasa tingkat kejernihan air jumlah zat yang terlarut dan warnanya pengolahan air secara fisika dilakukan melalui beberapa cara yaitu penyaringan pengendapan absorpsi adsorpsi.

1. Penyaringan

Penyaringan atau filtrasi merupakan proses pemisahan padatan yang terlarut di dalam air pada proses ini filter berperan memisahkan air dari partikel-partikel padat dan bahan-bahan yang dicari untuk dipisahkan dari air antara lain kayu daun pasir dan lumpur.

2. Pengendapan

Pengendapan bertujuan untuk memisahkan air dan partikel-partikel padat yang terdapat di dalam air dengan memanfaatkan gaya gravitasi benda atau pada dengan berat jenisnya lebih besar daripada air akan menjadi dasar bak pengendapan.

3. Absorpsi

Absorbsi adalah peristiwa penyerapan bahan-bahan tertentu yang terlarut di dalam bahan yang digunakan untuk menyerap disebut absorben. Absorbent ini yang akan digunakan sebagai filter umumnya adsorben yang digunakan adalah karbon aktif contoh arang batok kelapa dan batubara.

4. Adsorpsi

Adsorpsi merupakan proses penangkapan ion-ion yang terdapat di dalam air Zat penangkap ion ini disebut sebagai adsorben. Outsourcing yang biasa digunakan dalam proses absorbsi adalah zeolit dan resin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung
Berikan pesan anda di kolom komentar