Membuat alat penjernih air dari bahan alam sendiri

Pembuatan penjernihan air berdasarkan alat dan bahan yang tersedia di sekitarmu dan dibuat secara efisien sehingga tidak memakan tempat penggunaan.
Penjernih air menggunakan potongan bata, ijuk Arang tempurung kelapa pasir dan kerikil.
Bahan penjernih yang digunakan adalah bahan alami yaitu potongan batu bata ijuk tempurung kelapa pasir dan kerikil.

Alat yang bisa digunakan

1. 2 buah drum plastik kapasitas 100 liter
2. Paralon pipa diameter 0,5 inchi
3. Keran air
4. Lem pipa
5. Selotip
6. Ember dan kawat


Proses pembuatan langkah-langkah kerja

1. Membuat pipa penyaring

Siapkan pipa pvc diameter 0,5 inci dengan panjang 35 senti lubangi sekeliling pipa secara teratur dengan jarak 20 cm. Setelah itu bagian dari pipa yang dilubangi dibalut dengan ijuk kemudian ijuk diikat dengan kawat ujung pipa dimasukan ke soket ulir.

Kemudian lubangi drum pengendapan dan penyaringan dengan jarak 10 cm dari dasar drum. Pada tabung pengendap buat lubang kedua pada dasar drum dengan tutup sebagai tempat membuang endapan keluar. Pasang pipa penyaring yang menggunakan hijau pada kedua tabung seperti terlihat pada ...

2. Membuat bak pengendap dan penyaring

Sediakan tabung kosong. Isi drum penyaring berturut-turut dengan kerikil 20 cm ijuk 5 centi meter pasir 20 cm arang tempurung kelapa 10 cm ijuk lagi 10 cm dan potongan badan 10 cm. Letakkan drum endapan dan penyaringan secara bertingkat atau berurutan tutup kran dan masukkan air dengan aliran alami atau dipompa tunggu kira-kira 30 menit kemudian aliran air dari drum pengendapan ke dalam penyaringan. Tunggu kira-kira 30 menit kemudian alirkan air dari drum pengendapan ke drum penyaringan ini loh kuning. Hahaha
Aliran air yang keluar dari the room penyaringan disesuaikan dengan masukan dari drum pengendapan.

Cara kerja

Air keruh dimasukkan ke dalam drum pengendap dengan cara dipompa atau dialirkan secara alami diamkan terlebih dahulu selama 30 sampai 40 menit kemudian air dialirkan ke dalam drum bak penyaringan setelah itu air keluar dari grup bak penyaringan sesudah bersih dari kotoran sehingga dapat digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung
Berikan pesan anda di kolom komentar