Alternatif Membuat olahan bahan pangan serealiA dan umbi

Berbagai jenis tumbuhan dan hewan bisa dimanfaatkan manusia manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satu contoh tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan adalah tanaman dari jenis serealia dan umbi-umbian berbagai olahan tangan bisa dibuat dengan menggunakan bahan-bahan ini sesuai dengan karakteristik daerahnya masing-masing. Pengolahan makanan dengan memperhatikan gizi dan awet berhubungan erat dengan pemenuhan gizi masyarakat kita juga dapat belajar membuat makanan khas Indonesia dari bahan serealia dan umbi-umbian sebagai bekal membuka usaha di masa depan.
Aneka makanan khas Indonesia


Pengertian bahan pangan

Sebelumnya Mari kita mengetahui apa itu pengolahan bahan pangan. Pengolahan bahan pangan itu sendiri mempunyai arti suatu kegiatan mengubah bahan mentah menjadi bahan makanan yang siap dikonsumsi atau bisa juga menjadi bahan setengah jadi dengan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas serta memperpanjang masa simpan bahan pangan. 
Serealia sendiri adalah sejenis tumbuhan yang bergolongan padi-padian rambutan gramineae yang dibudidayakan untuk menghasilkan bulir-bulir berisi biji-bijian sebagai sumber karbohidrat. Sedangkan umbi berarti adalah organ tumbuhan yang mengalami perubahan ukuran dan bentuk pembengkakan sebagai akibat perubahan fungsinya.
Olahan bahan pangan setengah jadi sering disebut juga sebagai produk pangan primer adalah mengolah bahan baku pangan dengan proses pengawetan baik secara kimia fisik ataupun mikrobiologi menjadi aneka ragam olahan pangan setengah jadi yang selanjutnya digunakan sebagai bahan baku pangan bahan pangan setengah jadi memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi dikarenakan memiliki umur Simpan yang lebih panjang serta dapat diolah sesuai kebutuhan. 
Dengan demikian pengertian dari pengolahan bahan pangan setengah jadi dari serealia dan umbi menjadi makanan khas daerah setempat dalam mengolah produk pangan primer baik yang diproduksi oleh rumah tangga industri kecil ataupun industri pengolahan pangan dengan teknologi tinggi menjadi makanan dengan karakteristik budaya setempat.

Jenis dan bentuk produk pangan setengah jadi 

Jenis makanan khas Indonesia dari bahan baku olahan pangan setengah jadi dengan bentuk pipih tebal dan tipis dari serealia dan umbi

Produk pangan setengah jadi dengan bentuk pipih tebal atau tipis dari serealia meliputi kerupuk gendar rengginang emping jagung kerupuk bawang bihun dan mie. Sedangkan produk pangan setengah jadi berbentuk pipih tebal atau tipis dari umbi adalah kerupuk Lite keripik singkong sawut di gaplek ubi jalar gaplek ubi katu dan kentang beku. Produk pangan setengah jadi bentuk pipih tebal atau tipis dari umbi seperti kerupuk keripik dan kentang beku biasanya jika diolah menjadi makanan khas Indonesia digunakan teknik menggoreng dengan menggunakan minyak namun untuk Sawo tato gaplek ubi jalar maupun ubi kayu singkong diolah dengandengan berbagai teknik bisa dikukus direbus atau digoreng.

Jenis makanan khas Indonesia dari bahan baku olahan pangan setengah jadi dengan bentuk butiran besar dari serealia dan umbi

Produk pangan setengah jadi dengan bentuk butiran besar dari serealia adalah beras beras jagung jagung pipil kering dan toko aneka butiran oat dan pasta beras biji Sorgum sedangkan pangan setengah jadi dengan bentuk butiran besar dari umbi adalah tiwul instan dan beras singkong. Produk pangan setengah jadi serealia dan umbi dengan bentuk beras beras instan beras jagung aneka pasta aneka butiran out beras biji Sorgum biasanya jika diolah menjadi makanan khas Indonesia dengan teknik dikukus atau direbus namun untuk jagung pipil kering diolah dengan berbagai teknik dipanaskan akan biji jagung pipil akan meletus kalau dipanaskan karena mengembangnya uap air dalam biji Adapun jagung pipil beku dapat diolah menjadi berbagai makanan khas Indonesia seperti sup goreng tumisan dan lain lain dengan menggunakan teknik rebus atau goreng.

Jenis makanan khas Indonesia dari bahan baku olahan pangan setengah jadi dengan bentuk butiran halus dari serealia dan umbi

Produk pangan setengah jadi dengan bentuk butiran halus dari serealia yaitu tepung beras tepung jagung maizena tepung terigu dan tepung sorgum sedangkan produk pangan setengah jadi dengan bentuk butiran halus dari umbi yaitu tepung ubi jalar tepung tapioka tepung talas dan tepung kentang produk pangan setengah jadi dengan bentuk butiran halus dari serealia dan umbi dengan aneka jenis tepung jika diolah menjadi makanan khas Indonesia dapat dengan beragam teknik mereka dapat diolah menjadi Jenang Jawa aneka kue es krim dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung
Berikan pesan anda di kolom komentar