Membuat penjernih air sendiri dengan bahan seadanya

Penjernih air dengan bahan buatan yaitu menggunakan tawas kaporit dan batu kapur. Atur pemakaian atau komposisi bahan buatan yang digunakan untuk penjernih air. Gunakan alat masker saat pencampuran atau pengolahan bahan buatan agar serbuk bahan buatan tidak terhirup.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
Bahan penjernih yang digunakan sama seperti penjernih pada bahan alami yaitu potongan pada hidup orang tempurung kelapa pasir dan kerikil tetapi ditambahkan bahan buatan seperti tawas kaporit dan batu kapur.

Bahan dan alat

2 buah drum plastik kapasitas 100 liter atau BAk
Paralon atau pipa pvc diameter setengah inci
Pengaduk dari kayu
Ember dan keran
Lem pipa
Selotip
Tali plastik
Gergaji

Proses pembuatan penjernih air dari bahan buatan

Pemasangan kran dengan rumah atau pembuatan bak penampungan dapat dibantu oleh orang dewasa sehingga hasilnya lebih baik masakan bahan penjernih bisa dilakukan sendiri.
Siapkan bahan penjernih buatan antara lain kaporit 0,2 gram batu kapur 2 gram tawas 2 gram cairkan bahan tersebut masing-masing dalam 1 buah sendok makan.
Persiapan bak atau drum air Untuk tempat pengendapan yang dapat menampung air keruh sekitar 20 liter atau sesuai kebutuhan kemudian kaporit batu kapur dan Thomas yang sudah dicairkan dimasukkan ke dalam bak tersebut dan diaduk 5 menit Diamkan selama 10 menit pada saat pengendapan dan pengadukan lu kelompok otot yang harus disimpan.
Setelah didiamkan 10 menit sumbat dibuka dan dialirkan air keruh tersebut ke dalam bak penyaring yang berisi pecahan Genting atau Batam pasir kerikil ijuk dan arang tempurung kelapa tebal pecahan genteng 2 sampai 5 cm pasir 15 cm kerikil 5 cm ijuk 5 cm arang 10 cm dan ijuk lagi 5 cm.
Air hasil penyaringan ditampung dalam ember atau pembersih dan dapat dipergunakan yang perlu diingat apabila untuk diminum air harus dimasak lebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung
Berikan pesan anda di kolom komentar