Trik Membuat Rujak buah segar yang maknyoos

Salad
Di negara-negara Barat, ada makanan yang disiram dengan bumbu atau saus seperti halnya rujak dan gado-gado. Masyarakat disana mengenalnya dengan salad. Salad merupakan makanan yang mengandung gizi lengkap karena terbuat dari aneka buah dan sayuran dengan disiram saus yang mengandung lemak tinggi.
Itu adalah sekilas info bahwa di luar indon juga ada rujak tapi namanya salad, okelah sebelumnya kita harus menyediakan dulu bahan yang digunakan dalam rujak buah :

Bahan buah untuk rujak ulek : 

jeruk bali, nanas, bengkoang, jambu air, kedondong, dan pepaya.

Bahan bumbu ulek gula jawa kacang : 

pisang batu, garam, terasi, cabe rawit, kacang tanah, gula jawa dan sedikit air.

Sedangkan alat yang digunakan seperti pisau, sobek, kertas cokelat dan kantong plastik.

Setelah semua bahan dan alat terkumpul, sekarang mulai pada proses awal yaitu mengupas semua buah kemudian dicuci bersih. Cairkan gula jawa dengan air namun masih kental, jangan terlalu cair. Kacang tanah digoreng. Lalu mulai membuat bumbu gula jawa kacang ulek untuk rujak buah dengan menghaluskan bumbu satu persatu dari pisang batu, terasi, garam, cabai, dan gula jawa yang dicairkan, lalu ulek hingga halus agar ada rasa sensasi saat memakannya. Ulek semua bumbu hingga seluruh bahan menyatu.
Lalu pada tahap pemotongan buah, harus memotong buah satu persatu dari bengkoang, mangga, nanas, kedondong. Pepaya, jambu air dan jeruk bali.
Sedangkan pada proses penyajiannya anda bisa memisahkan antara potongan buah dengan bumbunya atau bisa menyiramkan bumbu pada potongan buah itu. Apabila ingin mengemasnya anda harus menyiapkan kantong plastik kecil dan memasukkan bumbu gula jawa ke kantong plastik dan ikat dengan rapih bumbu gula jawa rujak ulek. Siapkan kertas pembungkus berwarna cokelat, bentuklah wadah dan tuangkan buah rujak potong ke dalamnya. Lipatlah dengan rapi, bungkus, dan ikat dengan karet.
Itulah sedikit tips cara membuat rujak buah segar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung
Berikan pesan anda di kolom komentar